Pengembangan Arduino di Metronix

Kami mencoba mengembakan teknologi Interfacing  dalam dunai elektronika dimana kami menginginkan agar Perkembangan teknologi Informasi tidak hanya dibatasi oleh hal-hal yang berbau Teknik Komputer dan Jaringan saja atau Rekayasa perangkat lunak, namun kami juga harus mengikuti perkembangan lain yang masih ada relevansinya dengan Komputer yang sebenarnya berfokus pada teknologi robotika. Namun kami lebih fokus pada  pengembangan  hal-hal yang lebih dibutuhkan masyarakat misalnya Door locking, Lamp Control dan sejenisnya. Hal ini bisa dikolaborasikan dengan jurusan lain misalnya pertanian, peternakan atau bidang apa saja yang sifatnya memanfaatkan teknologi mekanika dan elektronika digital yang disebut Arduino.

Arduino terkadang sangat dibutuhkan dalam dunia industri terkait perangakat-perangkat jaringan yang susah dijangkau jika perangkat jaringan membutuhkan perawatan atau restart paksa bagi perangkat-perangkat Wifi yang Hang atau bermasalah, termasuk tracking antenna external dari jarak jauh dan masih banyak lagi. pembahasan teknis bisa dilihat dibawah ini sbb :

Arduino Uno sebenarnya adalah salah satu kit mikrokontroler yang berbasis pada ATmega28. Modul ini sudah dilengkapi dengan berbagai hal yang dibutuhkan untuk mendukung mikrokontroler untuk bekerja, tinggal colokkan ke power suply atau sambungkan melalui kabel USB ke PCmu Arduino Uno ini sudah siap sedia.

Arduino Uno memilki 14 pin digital input/output, 6 analog input, sebuah resonator keramik 16MHz, koneksi USB, colokan power input, ICSP header, dan sebuah tombol reset.

Arduino Uno R3 adalah seri terakhir dan terbaru dari seri Arduino USB.

ArduinoUno_R3-mikrokontroler
Arduino Uno R3

Spesifikasi Arduino Uno
Mikrokontroler ATmega328
Catu Daya 5V
Teganan Input (rekomendasi) 7-12V
Teganan Input (batasan) 6-20V
Pin I/O Digital 14 (of which 6 provide PWM output)
Pin Input Analog 6
Arus DC per Pin I/O 40 mA
Arus DC per Pin I/O untuk PIN 3.3V 50 mA
Flash Memory 32 KB (ATmega328) dimana 0.5 KB digunakan oleh bootloader
SRAM 2 KB (ATmega328)
EEPROM 1 KB (ATmega328)
Clock Speed 16 MHz
Apa fungsi arduino uno?
Sebagaimana kita ketahui dengan mikrokontroler kita dapat membuat program untuk mengendalikan berbagai komponen elektronika. Program yang kita buat dengan bahasa pemrograman didownload ke mikrokontroler, yang kemudian mikrokontroler akan bekerja sesuai dengan program yang kita buat tadi.

Dan dengan Arduino Uno itu sendiri lebih memudahan penggunanya untuk membuat berbagai hal yang berkaitan dengan mikrokontroler, karena didalamnya sudah tersedia yang dibutuhkan oleh mikrokontroler.

Contohnya yang dapat dibuat dengan Arduino antara lain, untuk membuat robot, mengontrol motor stepper, pengatur suhu, mesin gate turnstile, display LCD, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Coba cari di google atau Youtube proyek-proyek Arduino ini sudah banyak contohnya

Arduino-Uno-Robot

Apa Kelebihan Arduino Uno?
Arduino Uno dan ekosistemnya punya kelebihan-kelebihan yang membuat hobi elektronika menjadi lebih mudah dan menyenangkan, antara lain:

Pengembangan project mikrokontroler akan menjadi lebih dan menyenangkan. tinggal colok ke USB, dan tidak perlu membuat downloader untuk mendownload program yang telah kita buat.
Didukung oleh Arduino IDE, bahasa pemrograman yang sudah cukup lengkap librarynya.
Terdapat modul yang siap pakai/shield yang bisa langsung dipasang pada board Arduino
Dukungan dokumentasi yang bagus dan komunitas yang solid
arduino-uno-colok-ke-usb-pc

Pemrograman Arduino Uno
Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, salah satu kelebihan dari arduino Uno ini adalah didukung oleh software Arduino IDE (Integrated Development Enviroment) untuk melakukan penulisan pemrograman.

Bahasa pemrogramannya pun berdasarkan bahasa C yang mudah untuk dipelajari dan sudah didukung oleh library yang lengkap.