Program Guru Magang

MAGANG UNTUK GURU ?, PENTINGKAH ?

Ada satu hal yang mungkin perlu kita perhatikan dari sisi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan terkait jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Dari beberapa interview yang kami lakukan selama observasi kepada siswa/siswi magang, ada beberapa diantara mereka yang memberikan informasi terkait proses belajar mengajar disekolah masing-masing. Baik itu hal-hal yang sudah diajarkan maupun yang belum diajarkan terkait dengan kebutuhan di industri.  Kami melihat adanya keterbatasan pihak sekolah dalam hal ini pada saat siswa/siswi ingin mengetahui banyak hal yang justru didapatkan diluar sekolah terkait pendidikan Teknik Komputer atau Jaringan Komputer.

Hal ini kami maklumi karena memang dunia Industri tentu saja berbeda dengan dunia Pendidikan dimana Dunia industri adalah dunia dimana seorang pengusaha harus mendapatkan revenue/pendapatan untuk berbagai kebutuhan pekerjaan, seorang pengusaha dipicu untuk memenuhi kebutuhan akan banyak hal baik itu operasional dan non operasional. Namun demikian industri tetap selalu berinovasi dalam produk-produknya karena berinteraksi langsung dengan customer atau pelanggannya. Karakter customer atau pelanggan didunia industri tentu saja bermacam-macam karakter. Namun didunia industri harus dipicu oleh standar teknologi yang semakin lama semakin meningkat.

Sementara itu didunia pendidikan interaksinya terbatas kepada kurikulum, guru dan siswa sehingga ruang lingkup pengetahuan hanya terbatas kepada apa yang diamanatkan oleh kurikulum.

Dengan melihat situasi ini ada beberapa hal yang ingin kami usulkan diantaranya adalah sebgai berikut :

  1. Bisakah Dunia Pendidikan khususnya TKJ menyelaraskan kurikulumnya dengan dunia industri ?
  2. Jika memang belum bisa dipaksakan, apakah ada jalan lain agar pengetahuan siswa dapat berkompetensi dengan dunia industri ?
  3. Apa pihak sekolah sudah benar-benar mengerti apa saja yang dibutuhkan didunia industri ?
  4. Proses magang memang adalah salah satu jalan, namun jika pihak industri dibebankan oleh kegiatan belajar mengajar yang semestinya sudah harus dalam tahap bekerja untuk mencari pengalaman dan pengetahuan itu berarti ada effort atau tambahan tenaga untuk mendidik terlebih dahulu sebelum dipekerjakan, mngingat perangkat-perangkat didunia industri baik di perusahaan maupun di sisi client/customer adalah perangkat-perangkat yang cukup mahal sehingga dalam proses pengerjaannya harus ekstra hati-hati dan teliti.
  5. Bagaiman Jika Standard kebutuhan industri bisa di bangun lebih dahulu dari sekolah sebelum di magangkan ?

Pada keempatan ini, pada penawaran ini kami mengajak bapak/ibu kepala sekolah untuk bersama-sama memberikan masukan kepada pihak pemerintah dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan masing-masing daerah, dimana kami menawarkan bentuk kerjasama lain yaitu kesempatan magang bagi guru-guru pendidika khususnya guru produktif jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Kami meenggunakan metode :

IN -> ON -> IN

Untuk lebih jelasnya silahkan menghubungi kami

 

CV. METRONIX MAKASSAR UTAMA
Jl. A. Mangeradi III No. 59 Telp:  0411837605 (ADM)
Jl. Talasalapang 1 Kompleks Mangasa Permai (OPERATIONAL)
No. HP : 0811467646
Registration PSG/Magang : http://registration.wancommunity.org